Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Mau bisnis tokek 1,3 miliar

Selasa, 12 April 2011

Sebulan terakhir saya menggeluti usaha jual beli tokek (gecko). Meski belum mendapat profit yang menggiurkan, tapi saya optimis usaha pertokekan ini bakal mengubah nasib saya. Keyakinan saya bertambah saat dua hari lalu (Rabu, 18 Nov 2009) tokek (gecko) yang saya tawarkan selama lima hari terakhir, akhirnya dibeli orang sebesar Rp 1,3 miliar.
Tapi sayangnya, saya tidak mendapat fee karena yang berhasil menjualkan si gecko itu teman saya, bukan saya. Saya sudah berupaya menawarkan tokek jenis batu manik seberat 2,15 kilogram itu ke beberapa orang. Tanggapan buyer beragam. Tapi dari empat buyer dan broker yang menawar, semuanya berani bayar di atas Rp 500 juta.
Meski saya tidak mendapat fee, setidaknya saya kini menjadi yakin bahwa tokek memang dihargai sangat tinggi. Selain itu, saya dapat tambahan pengetahuan tentang tokek. Tentu saja ada beberapa kategori tokek yang dihargai sangat tinggi (hingga miliaran). Dari beberapa konfirmasi dengan buyer dan broker, baik di Yogyakarta, Banjarmasin (tempat saya tinggal), atau di Jakarta, ada tiga tokek yang laku mahal, yaitu totol merah, totol hitam, dan tokek batu dengan berat di atas dua kilogram.
Dari beberapa referensi yang saya baca, memang ada beberapa jenis tokek lain yang mahal harganya, di antaranya tokek buntut bercabang, tokek leopard, dan tokek tertentu untuk mistik. Nah, dari beberapa jenis tokek itu, yang saya yakini berharga sangat mahal adalah tokek batu (berat di atas dua kilogram), tokek rumah dan tokek pohon berkulit totol. Untuk yang tokek batu saya sudah menyaksikan sendiri harganya. Tokek yang sempat saya tawarkan itu akhirnya dibeli orang Samarinda seharga Rp 1,3 miliar.
Sebetulnya, saya sempat menawarkan tokek itu ke beberapa buyer dan broker di Jakarta dan Yogyakarta. Sebelumnya saya sempat minder ketika teman saya yang punya tokek itu menyuruh saya menawarkan tokek batunya seharga Rp 2 miliar. Tapi setelah saya coba, saya malah kaget sendiri karena buyer pertama saya (dari Jakarta) langsung menawar Rp 1 miliar. Tapi karena dia tak mau transaksi di Banjarmasin, akhirnya batal deal. Prospek kedua dari penawaran tokek batu manik ini adalah, seorang broker dari Jakarta. Dia berani membayar tokek ini Rp 1 miliar, tapi dia minta komisi belah semangka (Rp 1 miliar dibagi dua).

Sebelumnya telah saya sanggupi, dengan catatan saya minta DP 10 persen dari Rp 1 miliar. Awalnya dia menyanggupi, tapi setelah saya tunggu hingga dua hari tak ada kabar, lalu saya cari buyer lain. Buyer ketiga datang dari kota saya sediri. Dia berani membayar Rp 750 juta untuk tokek saya. Tapi sayangnya, ketika kami berangkat ke rumah teman untuk melihat tokek itu, ternyata ada buyer lain. Celakanya, buyer itu sudah menyiapkan uang cash Rp 1,3 miliar sesuai kesepakatan sebelumnya.
Dengan langkah gontai, saya dan calon buyer saya mundur teratur. Saya tak jadi dapat fee. Tapi saya tak patah arang. Saya makin giat mencari tokek dan buyer ke mana pun. Hari pertama paskatokek itu laku, saya ditawari tokek batu. Tapi beratnya hanya 5 ons dan letaknya di Palangkaraya. Orangnya minta sekian juga per ons. Saya akan memastikan melihat tokek itu dalam beberapa hari ke depan. Jika memang memungkinkan, tentu saja petualangan menjual tokek akan berlangsung makin seru.
Ayo kawan, bagi yang tertarik dengan bisnis tokek jangan khawatir. Mari kita terus berupaya, pasti ada jalan untuk kita. Salam….
banjarmasin, 4 des 09

6 komentar:

  1. andrian syahri mengatakan...:

    klo saya pnya brangnya serius gak yang belinya itu masalahnya,klo brg saya jaminkan ada gmana,brat 3,3 0ns.klo berminat hub.082177020615.andrian.

  1. andrian syahri mengatakan...:

    klo saya pnya brangnya serius gak yang belinya itu masalahnya,klo brg saya jaminkan ada gmana,brat 3,3 0ns.klo berminat hub.082177020615.andrian.

  1. andrian syahri mengatakan...:

    klo saya pnya brangnya serius gak yang belinya itu masalahnya,klo brg saya jaminkan ada gmana,brat 3,3 0ns.klo berminat hub.082177020615.andrian.

  1. andrian syahri mengatakan...:

    klo saya pnya brangnya serius gak yang belinya itu masalahnya,klo brg saya jaminkan ada gmana,brat 3,3 0ns.klo berminat hub.082177020615.andrian.

  1. Anonim mengatakan...:

    tokek itu bohong,.kalaupun ada yg besar,trus siapa yang mau beli????
    kalaupun ada yang beli,giliran tokeknya yang ga ada,.
    pokoknya bisnis ruwet, soalnya saya sudah pernah bisnis kaya gituan,alhasil yang saya dapan bukannya uang,tetapi konter HP saya malah bangkrut, untuk pencarian kesana kemari, uang bensin, undang buyer, membeli tokek yang kecil,. alhasil ga ada yang beli,.,.
    kawan" yang belum terjebak,jangan sampai anda terjebak,. jangan mudah diiming"i uang milyard'an, kalau mau kaya anda harus kerja keras,. jalan pintas hanya akan membuat anda susah dan dimiskinkan,.
    BY ARdian Hermawan SKJ

  1. Anonim mengatakan...:

    tokek itu bohong,.kalaupun ada yg besar,trus siapa yang mau beli????
    kalaupun ada yang beli,giliran tokeknya yang ga ada,.
    pokoknya bisnis ruwet, soalnya saya sudah pernah bisnis kaya gituan,alhasil yang saya dapan bukannya uang,tetapi konter HP saya malah bangkrut, untuk pencarian kesana kemari, uang bensin, undang buyer, membeli tokek yang kecil,. alhasil ga ada yang beli,.,.
    kawan" yang belum terjebak,jangan sampai anda terjebak,. jangan mudah diiming"i uang milyard'an, kalau mau kaya anda harus kerja keras,. jalan pintas hanya akan membuat anda susah dan dimiskinkan,.
    BY ARdian Hermawan SKJ

Posting Komentar

Yang mau cerita Sok cerita!!!