Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Makan Sahur Agar Perut Tidak Bunyi

Kamis, 11 Agustus 2011

Pada saat berpuasa, tak jarang perut mengeluarkan bunyi-bunyi aneh yang terkadang membuat orang malu bila sedang berada di ruangan yang hening. Bunyi perut saat puasa merupakan suatu hal yang wajar. Tapi pada beberapa orang, bunyi yang ditimbulkan bisa lebih keras atau berlebihan. Dalam kondisi kosong, perut mulai memproduksi hormon yang dapat menstimulasi saraf lokal untuk mengirim pesan ke otak. Selanjutnya otak akan membalas dengan memberi sinyal pada otot pencernaan untuk memulai kembali gerakan peristaltik (gerakan otot pencernaan).
Pada dasarnya, bunyi pada perut disebabkan oleh kombinasi dari peningkatan gerakan peristaltik dan komponen dari rongga usus, seperti udara, cairan dan kotoran. Bunyi yang ditimbulkan akan semakin sering dan keras bila udara dalam saluran pencernaan berlebihan dan perut kosong. “Biasanya bunyi perut terjadi saat perut kosong, setidaknya 8 jam setelah makan. Kalau kita sahur jam 4, maka kemungkinan bunyi perut sering terdengar di atas jam 12 siang,” ujar Dr.H.Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB,FINASIM, dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, “Untuk mengurangi bunyi-bunyian perut, maka pada saat sahur orang sebaiknya menghindari makan-makanan yang dapat menghasilkan gas, terlebih kalau orang itu sudah punya penyakit maag,” tambah dokter yang menjabat Wakil Sekjen PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).
Ada beberapa makanan yang perlu dihindari pada saat makan sahur agar perut tidak berbunyi adalah sebagai berikut:

1. Kol dam sawi
2. Minuman bersoda
3. Cokelat dan keju
4. Makanan berlemak dan ketan.
5. Mie instan.
makanan yang harus dihindari saat puasa, makanan yang harus dihindari saat sahur, yang harus dihindari saat sahur, makanan yang d hindari saat sahur, makanan dan minuman yang harus dihindari saat sahur, makanan yang harus dihindari waktu puasa, makanan yg harus dihindari saat puasa, yang dihindari saat sahur, cara mengatasi bunyi perut pada saat puasa, makanan yang dihindari saat sahur

Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Yang mau cerita Sok cerita!!!